Senin, 23 Februari 2015

Asyiknya Ngopi, Ngafe dan Manfaat Kopi Buat Kesehatan

Ngopi yukkkkkk...
Yapp.. buat saya, ngopi tuh udah kebutuhan sehari-hari loh.. kalo sehari ga ngopi, rasanya ada yang kurang, trus berasa gak kenyang biarpun udah makan banyak.
Aneh ya? Tapi begitulah rasanya.. Mungkin  itu juga yang disebut "kecanduan kopi"? Gak tau juga sih saya, tapi untungnya, saya cukup ngopi sekali dalam sehari, itu juga biasanya gak pake pemanis ato gula, paling banter kasih susu full cream thok.

Kalo ngopi di kafe, biasanya saya pesen coffee latte tanpa gula, jadi rasanya gak manis, cuma rasa kopi pahit sama susu full cream. Nah, kalo coffee latte itu, dibagian atasnya ada busa susu yang udah kecampur sama kopi hitamnya, biasanya sebelum nyeruput kopinya, saya makan dulu itu busa diatasnya... rasanya tuh kayak campuran pahitnya kopi sama gurihnya susu full cream, enakk gak ketulungan.. sumpeh deh...

Nah kalo busa bagian atasnya udah abis, baru deh diseruput kopinya... ehhmmm... yummyyyy..
Oiya, kalo di kafe, barista ato peracik kopinya tuh pinter bikin bentuk-bentuk busanya, dan itu bikin saya makin hobi ngopi di kafe.. ooh it's like lets enjoy this life :)


"Oohh.. so yummyyy... srulppppp"



Kalo saya suka coffee latte, temen ngafe saya sukanya kopi pahit, ditempat kita biasa ngopi namanya americano, itu tuh campuran beberapa jenis kopi, dan plain, tanpa campuran bahan lain, jadi bener-bener cuma kopi tanpa gula ato susu.
Kadang saya minum kopi temen saya punya, rasanya aduhai pahitnya, tapi itulah enaknya kopi.. itu kata temen saya:) Ada juga kopi Toraja, rasanya lebih ke asem daripada pahit.

Oh, ditempat kita biasa ngopi, barista sama pemilik kafenya udah kenal karna hampir tiap hari saya dan beberapa temen mampir ngopi disana (sebenernya lebih tepatnya nungguin anak-anak kita les, momy-momy sibuk kongko ngopi, hehehe). Di kafe itu kita udah kayak dirumah sendiri, bisa bolak balik santai duduk dimeja bar ato meja kursi biasa, bolak balik ambil air putih sendiri yang emang udah disediain didekat meja bar, bisa bolak balik ke meja lain karna kebanyakan pengunjung kafe itu langganan seperti kita, tiap hari dateng ngopi, jadi rata-rata udah pada kenal, bahkan temen saya malah bikin roti bakar pesenan dia sendiri didapur kafe.. saking kayak rumah sendiri *tepok jidat.




Ini nih.. salah satu kreasi barista, kerenkan... makin semangat ngupiiii^^



Selain ngopi di coffee shop bareng temen, kadang-kadang saya ngopi di kedai kopi ato kopi tiam bareng hubby (berhubung hubby gak bisa ngopi, jadi suka males kalo diajak ke coffee shop, karna disana semua minumannya kopi, kalo di kedai kopi banyak minuman lain yang bukan kopi, itu katanya :)), nah kalo ngopi di kedai kopi, pilihannya cuma 1, "kopi o" gak tau kenapa dinamain "kopi o" itu buat saya rasanya pahit banget kalo gak pake gula, jadi terpaksa harus dikasih gula sedikit biar lebih enak.


Ini nih penampakan kopi "o" guys ^^


Oia, kopi pahit buatan barista di kafe sama kopi pahit di kedai kopi tuh beda loh..
Kalo di kafe, kopinya dipress pake alat, jadi gak ada sedikitpun ampasnya, nah kalo di kedai kopi, cuma disaring doang, jadi waktu kita minum kadang-kadang ampasnya ikut keminum, kadang saya kunyah-kunyah, dan itu rasanya lumayan enak.. hehehehe.

Ternyata, selain enak dan ngangenin, kopi juga punya beberapa manfaat buat kesehatan kita loh guys.. asal diminum gak berlebihan dan jangan kebanyakan gula.. ya.. sekali sehari bole la.. kayak saya, wkwkwk..
Ini nih beberapa manfaat kopi buat kesehatan yang saya baca dari republika.com

1. Bantu hidup lebih lama.
Dalam studi 2012 (diterbitkan dalam New England Journal of Medicine) terhadap 400 ribu individu berusia antara 50-71 tahun menunjukkan bahwa minum kopi bisa membantu hidup lebih lama.

2. Konsumsi kopi teratur bisa membantu mencegah Alzheimer. Dalam usia dewasa, minum kopi bisa menunda atau bahkan menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer. Dalam studi yang dikepalai oleh Dr Chuanhai Cao dari Universitas South Florida, disebutkan bahwa kelompok paruh baya dengan tanda gangguan memori ringan yang rutin meminum kopi, sekitar tiga cangkir perhari, tidak akan masuk tahap Alzheimer, atau paling tidak mengalami penundaan signifikan.

3. Tingkatkan kinerja otak dan fokus. Dalam studi tahun 2010 yang dipublikasikan di journal Human Psychopharmacology, disebutkan bahwa minum kopi dengan gula bisa mendongkrak efisiensi kerja otak dan membantu memperpanjang daya tahan perhatian dan fokus seseorang.

4. Membantu mengurangi risiko kanker kulit.
Studi yang dilakukan Havard Medical School, mengindikasikan, kian tinggi kafein dalam kopi yang diminum seseorang, maka kian rendah risiko ia mengembangkan sel basal karsinoma.

5. Dalam level moderat, kopi membantu mengurangi gagal jantung.
Dalam studi terhadap 140 ribu orang yang terbit di jurnal Circulation Heart Failure, disebutkan, minum kopi satu cangkir per hari bisa mengurangi risiko gagal jantung.

6. Menurunkan risiko diabetes pada wanita.
Studi pada 2011 yang dilakukan UCLA menunjukkan wanita yang paling sedikit meminum tiga cangkir kopi sehari bisa terhindar dari risiko mengembangkan diabetes tipe 2, hingga 56 persen.

7. Mengurangi risiko kanker kolon.
Ini juga berdasar studi. Menurut penelitian terhadap 49 ribu wanita dan pria, mereka yang mengonsumsi empat cangkir kopi per hari bisa menekan risiko terkena kanker kolon. Kopi, menurut American Journal of Clinical Nutrition, bersifat menekan tumor proximal yang identik dengan kanker kolon.

8. Membantu menekan risiko penyakit Parkinson.
Karena penyebab langsung Parkinson masih belum diketahui, maka sulit menunjuk titik tepat, bagaimana kopi membantu mengurangi risiko pengembangkan penyakit tersebut. Namun Mayo Clinic menulis, kafein, yang ditemukan dalam kopi dan teh, bisa menekan penyakit tersebut.

9. Menekan risiko penyakit kardiovaskuler.
Penemuan studi pada 2011 mengungkap bahwa konsumsi kopi bisa mengurangi risiko penyakit seputar kardiovaskuler, seperti stroke dan penyakit jantung koroner. Pengurangan risiko pada pria bisa mencapai 38 persen, dan untuk wanita hingga 22 persen.

10. Mempercepat pemulihan setelah berolahraga.
Studi pada 2009 dari Universitas Illinois, menemukan bahwa satu cangkir kopi sebelum berolahraga tidak hanya memberi energi kepada tubuh, tetapi juga 'membunuh beberapa nyeri atletik' yang kerap dialami saat berolah tubuh.

Nah itu dia beberapa manfaat kopi guys... yuk ngopiii.. hihihii^^




Diary, Teman Setia, Jaman Dulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar